Apa Faktor Utama Penyebab Penyakit Kronik?

















Salah satu dokter internist dari Pusat Pengobatan Mahkota mengatakan bahwa kehidupan yang sibuk, makanan yang tidak seimbang dan kurangnya olahraga
merupakan faktor utama penyakit kronik seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bertambah serius. 

Beliau berpendapat bahwa banyak orang telah mengabaikan kesehatan karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Mengontrol emosi juga perlu ditekankan agar tidak menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Beliau mencadangkan bahwa pesakit jantung mesti makan ubat mengikut jadual yang ditentukan dan mendapatkan rawatan susulan selain daripada menjaga emosi mereka. Untuk pesakit diabetes, mereka harus berjaga- jaga dari segi pemakanan seperti mengurangkan pengambilan gula dan karbohidrat seperti kueh dan nasi. Di sebaliknya makan lebih buah- buahan dan sayur. 

Di samping itu, orang dengan penyakit tekanan darah tinggi harus dapat mengatasi tekanan emosi dengan berbagai cara dan mengurangi pengkonsumsian garam. Untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi, mereka mesti berjaga- jaga dari segi cara permakanan dengan mengurangkan makanan yang berminyak dan berkolesterol tinggi seperti makanan laut, daging merah, organ dalaman, telur kuning dan sebagainya. Pesakit berkolesterol tinggi digalakan untuk makan makanan yang rebus.


Selain dari diet yang sehat, olahraga juga mesti mencukupi. Untuk orang yang badannya sehat, mereka digalakkan untuk berolahraga setiap hari atau sekurang- kurangnya 3 hari seminggu. Setiap kali minimum 30 menit barulah dapat memastikan badan sehat dan kuat.

Jika perokok atau orang yang mengkonsumsi alkohol menginginkan kehidupan yang lebih sehat, mereka harus menjauhi kebiasaan yang tidak baik tersebut. Mereka boleh mendapatkan bantuan pakar sekiranya menghadapi masalah semasa berhenti rokok.

Dr. Lim Pek Yean juga mengatakan bahwa perokok berat susah untuk menghilangkan kebiasaan itu karena nikotin telah menyebabkan mereka kecanduan. Perokok berat ini boleh mengkonsumsi atau menggunakan sumber nikotin yang berlainan untuk membantu mereka dalam proses berhenti rokok.

“Hanya bergantung kepada ubat tidak memadaikan, yang pentingnya hati pemulih itu kukuh dan mendapat sokongan orang yang tersayang, barulah program permulihan dapat berjaya."

Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Kantor Pelayanan & Informasi Resmi Mahkota Medical Centre 
Jl Baratajaya XIX No. 31 C, Surabaya
Telp      +6231 5020588
HP/WA 083 8300 280 50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar